4 Macam Penutup Berita yang Digunakan dalam Berita Terkini

Penutup atau sering disebut juga ending dalam sebuah berita adalah hal yang cukup penting untuk ada. Penutup yang sering Anda temukan di berita terkini lokal, regional, nasional ataupun internasional ini biasanya digunakan untuk menyimpulkan isi berita yang telah Anda baca sebelumnya.

Berita Nasional

Tapi, tahukah Anda bahwa penutup berita ini ada banyak ragamnya? Sama halnya dengan penutup pada bacaan lain seperti novel ataupun cerpen, penutup berita ini pun beragam. Lalu, apa saja macam-macam penutup berita yang biasanya digunakan dalam sebuah berita berbentuk teks di berbagai media itu?

  1. Penyengat

Salah satu model penutup yang sering digunakan dalam mengakhiri sebuah berita adalah model penyengat. Model penutup ini biasanya diakhiri dengan kata-kata yang mengagetkan para pembaca sehingga membuat mereka seolah-olah terlonjak. Sama seperti penutup pada novel dan cerpen, penutup seperti ini bisa memberikan efek shock pada pembacanya.

Untuk contoh model penutup seperti ini, bisa Anda temukan di banyak berita yang ada di berbagai media massa. Misalnya saja untuk berita pembunuhan. Pada bagian akhir, biasanya penulis berita menyebutkan alasan dari si tersangka melakukan tindakan keji tersebut. Biasanya, di bagian motif inilah pembaca akan mendapatkan kejutan.

  1. Klimaks

Tipe penutup sebuah berita kedua yang bisa Anda temukan di berbagai berita terkini di banyak media adalah tipe klimaks. Berbeda dengan model penyengat yang memberikan efek syok pada pembacanya, pada model ini tidak. Sebab, berita yang disajikan ditulis secara kronologis sehingga pembaca sudah bisa menebak akhirnya.

Biasanya, model penutup berita seperti ini juga bisa Anda temukan di banyak media. Baik itu media daring maupun media cetak. Namun, jenis penutup ini akan lebih sering Anda temukan di berita jenis depht news yang mana pada berita ini lebih menekankan pada unsur why dan how sehingga butuh penjelasan yang kronologis dan runut.

  1. Tidak Ada Penyelesaian atau Gantung

Tak hanya di sebuah novel atau cerpen saja ada ending yang menggantung. Dalam berita juga ada. Penutup tanpa penyelesaian atau gantung ini biasanya sengaja dibuat penulis dengan cara memberikan pertanyaan pokok yang tak terjawab bagi para pembacanya. Jawaban dari pertanyaan tersebut diserahkan pada pembaca untuk menebaknya.

Pembaca bisa membuat solusi atau tanggapan tentang permasalah yang ada di berita tersebut. Untuk contoh berita dengan penutup seperti ini sebenarnya tak bisa ditunjuk satu-satu. Sebab, banyak penulis yang menggunakannya untuk membuat berita lebih menarik. Tapi, yang jelas Anda bisa melihat jawabannya di sumber berita terkini lainnya.

  1. Ringkasan

Model terakhir dari penutup suatu berita adalah model ringkasan. Pada penutup model ini, biasanya akan ada rangkuman dari seluruh cerita yang ada di atasnya. Jadi, tanpa melihat ataupun membaca berita yang ada di atasnya, sebenarnya dengan membaca penutup berita ini Anda sudah bisa menyimpulkan semuanya.

Hanya saja, kurang lengkap rasanya bila tidak membacanya semua, kan? Untuk contoh berita seperti ini, biasanya bisa Anda temukan di berbagai media cetak ataupun daring. Biasanya, model penutup seperti ini tidak digunakan pada berita yang ditayangkan langsung. Paling tidak seperti berita liputan mengenai sejarah ataupun objek wisata tertentu.

Nah, itulah beragam penutup dari berita yang selalu ada dalam berita terkini yang Anda tonton ataupun baca. Setiap berita yang Anda baca paling tidak pasti mengandung satu penutup ini. Meski biasanya bagian penutup suatu berita isinya tidak terlalu penting, tapi bukan berarti Anda bisa melewatkannya begitu saja.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *