Ini Dia 5 Pemain Timnas Indonesia yang Berprestasi di Piala AFF

Sepak bola tanah air memang masih terbilang sulit menjadi juara di Asia sebab memang tidak semudah belanja online. Hal ini bisa dilihat dari sejarah Piala AFF yang diikuti oleh Timnas Indonesia pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan juga pada 2016. Sepanjang mengikuti Piala AFF Timnas tanah air memang belum pernah tercatat menjadi juara. Namun melirik prestasi di ajang tersebut beberapa pemain Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang diakui.

Timnas Indonesia Gendut Doni

Beberapa pemain Indonesia yang berlaga dengan apik di lapangan hijau kemudian dikenal sebagai pemain terbaik, topskor, dan juga pencetak gol terbaik. Lewat kategori inilah Indonesia patut bangga karena sekalipun tidak menyabet juara namun kemampuan Timnas diakui oleh semua negara yang berpartisipasi di dalam Piala AFF tersebut. Lantas, siapa saja pemain yang mengukir prestasi selama AFF tersebut? Rupanya dikenal ada beberapa, dan 6 diantaranya termasuk pemain emas di Timnas.

Pemain Timnas yang Berprestasi di Piala AFF

Meski tidak pernah mencatat prestasi selama menjadi tim di Piala AFF namun terdapat beberapa pemain Indonesia yang menorehkan prestasi secara individu. Diantaranya adalah:

  1. Gendut Doni Christiawan,

Pada Piala AFF 2000 untuk pertama kalinya Timnas tanah air masuk ke pertandingan final melawan Thailand. Prestasi ini berkat Gedut Doni yang berhasil dikenal sebagai topskor AFF 2000 karena gencar melakukan serangan demi mencetak gol di gawang lawan. Permainannya yang luar biasa selama Piala AFF 2000 berhasil mencetak 5 gol, meskipun di pertandingan final harus mengaku kalah oleh Thailand.

  1. Bambang Pamungkas,

Siapapun dijamin kenal dengan Bambang Pamungkas yang kini dikenal sebagai pencetak gol terbanyak di Timnas Indonesia. Bambang pun lewat ajang Piala AFF 2002 yang kemudian dikenal sebagai topskor dengan kesuksesan mencetak 8 gol. Berkat permainan baik dari Bambang Pamungkas pula Indonesia berhasil masuk ke pertandingan final dan untuk kedua kalinya bertemu dengan Thailand. Namun kembali lagi gagal menjadi juara setelah adu penalti.

  1. Ilham Jaya Kusuma,

Topskor di Piala AFF 2004 rupanya juga kembali dikantongi pemain bola dari Indonesia, yakni Ilham Jaya Kusuma. Ilham dikenal menjadi predator di dalam Timnas tanah air di ajang tersebut dan sukses mengantarkan Indonesia masuk ke pertandingan final. Pada AFF 2004 ini Indonesia bertemu dengan Singapura dan harus kembali puas menjadi runner up setelah dikalahkan. Namun, Ilham Jaya Kusuma berhasil menjadi topskor dengan 7 gol yang diciptakannya di Piala AFF tersebut.

  1. Budi Sudarsono,

Budi Darsono dijuluki Ular Piton di dalam timnas tanah air karena kemolekannya dalam merebut dan membawa bola membobol gawang lawan. Dalam Piala AFF 2008 Indonesia kembali menjadi salah satu pemilik pemain topskor lewat aksi Budi Darsono yang berhasil mencetak 4 gol. Hanya saja pada Piala AFF 2008 ini Indonesia belum masuk ke final melainkan di semi final karena bertemu dengan momoknya yakni Thailand. Setelah kalah 3-1 Indonesia pun dipastikan tidak masuk ke pertandingan final.

  1. Firman Utina,

Sedangkan pada Piala AFF 2010 Indonesia menjadi tuan rumah, dan kembali masuk ke pertandingan final dan kali ini melawan Malaysia. Keberhasilan Indonesia masuk ke final memberi euphoria bagi masyarakat Indonesia dengan harapan besar menjadi juara. Hanya saja harus ikhlas menerima kekalahan dengan skor 4-2 dengan Malaysia. Namun di dalam AFF 2010 ini Timnas Indonesia berhasil dinyatakan memiliki pemain terbaik yang didapatkan oleh Firman Utina.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *