Sewa Rumah Jakarta Selatan

Penting Ikuti Panduan Ini Agar Tinggal Di Rumah Kontraan Semakin Nyaman

Harga rumah yang sudah melambung tinggi, membuat sebagian orang yang memiliki penghasilan pas-pasan harus sedikit bersabar. Pasalnya untuk mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) harus memiliki uang cash yang besarannya sekitar 20 persen dari harga jual rumah. Sambil mengumpulkan uang muka, sebagian orang memilih untuk menikmati suka duka tinggal di rumah atau apartemen kontrakan. Bagi kamu yang baru pertama kali berencana sewa rumah Jakarta Selatan. Rasa bingung adalah hal yang wajar melanda pikiran kamu. Tapi, jangan terlalu dikhawatirkan, untuk memuluskan rencana ini sebaiknya simak beberapa tips dan panduan penting berikut ini.

Sewa Rumah Jakarta Selatan

  • Siapkan Anggaran dan Ketahui Kemampuanmu

Sebelum mulai mencari rumah atau apartemen sewa, kamu harus tahu berapa biaya yang mampu kamu bayar setiap tahun atau setiap bulannya. Biaya sewa sebaiknya tidak boleh lebih dari 35 persen dari pendapatan kotor kamu (misalnya gaji sebelum pajak). Jadi kalau pendapatan kamu setiap bulan Rp5 juta sebelum pajak, maka pastikan cicilannya tidak lebih dari Rp1,75 juta setiap bulannya.

  • Minta bantuan Broker properti

kamu bisa saja menemukan hunian sewa dari situs jual beli properti seperti Rumah.com. Tapi, kalau kamu masih buta mengenai lokasi yang bagus dan mudah menjangkau fasilitas lengkap, maka kamu mungkin butuh bantuan broker properti.

  • Pertimbangkan Faktor Penting

Ketika melakukan survei hunian kontrak, kamu bisa saja tergoda dengan penampilan yang bersih dan rapi. Namun, jangan terburu-buru memutuskan untuk pindah. Cek dulu hal penting seperti jarak dari lokasi bekerja, sampai dengan kondisi tetangga dekat rumah.

  • Memahami Surat Perjanjian

Untuk beberapa jenis hunian sewa, biasanya penghuni menerapkan beberapa peraturan yang tercantum dalam surat perjanjian. Untuk itu kamu harus membaca perlahan dan memahaminya dengan baik. Poin penting seperti biaya pindah, kenaikan biaya sewa, sampai pemberitahuan tanggal kadaluarsa sewa sangat penting untuk diketahui. Hal ini bisa meminimalisir kesalahpahaman dengan pemilik hunian.

  • Lakukan survei langsung

Tidak cukup melakukan survei via telepon atau foto gambar yang dilihat dari iklan saja. kamu harus melakukan survei langsung ke lokasi untuk melihat kondisi bangunan yang sebenarnya. Selain menghindari penyesalan di kemudian hari, kamu juga bisa segera meminta perbaikan ke pemilik sewa rumah Jakarta Selatan. Selain dinding dan lantai, perhatikan juga instalasi air dan listrik yang perlu dipasang dengan baik.

Tinggal nyaman di rumah kontrakan tentu tidak akan senyaman tinggal di rumahmu sendiri. Memang ada banyak keluhan tinggal di rumah kontrak, namun bukan berarti kamu tak bisa tinggal layaknya di rumah sendiri. Bagaimana caranya yuk simak pembahasannya dibawah ini :

  • Tidak seperti rumah sendiri

Setiap tinggal di sebuah tempat, kamu tentu ingin memberi ciri khas diri kamu pada tempat tersebut. Begitupun dengan rumah sewa. Meskipun hanya tinggal sementara, akan lebih menyenangkan jika bisa mengubah tampilan sesuai dengan karakter pribadi. Kamu mungkin tidak bisa mengubah bangunan permanen, tetapi kamu bisa mendekorasinya dengan menambahkan pajangan dinding seperti lukisan atau pajangan kata-kata mutiara. Jika pemilik rumah melarang banyak tancapan paku di dinding, kamu bisa membuat papan area khusus atau ditempel langsung ke dinding dengan perekat.

  • Dinding putih yang membosankan

Ini menjadi masalah yang kerap dihadapi penyewa. Pemilik rumah kerap melarang penyewa untuk mengubah warna cat putihnya yang membosankan. Solusinya, kamu bisa menempel wallpaper yang mudah dilepas rekatannya. Belakangan ini banyak tersedia motif wallpaper cantik dengan harga yang terjangkau.

  • Perabot yang sudah usang

Jika menyewa rumah yang dilengkapi perabot, kamu mungkin melihat ada satu atau dua perabot yang terlihat sudah tua dan (seharusnya) diganti. Jika masih berfungsi dengan baik, kamu bisa memberi sedikit sentuhan agar mereka terlihat lebih enak dipandang. Misalnya ditempel dengan cutting stiker atau wallpaper khusus perabot. Untuk masalah pintu lemari yang sudah sulit dibuka, kamu juga bisa melepas pintunya (untuk sementara) dan meletakkan semua barang-barang kamu didalamnya.

  • Dapur yang berantakan

Sebagai rumah sewa yang kerap berganti-ganti penghuni, jangan heran jika dapur atau mungkin kamar mandinya terlihat kotor dan berantakan. Meski hanya tinggal sementara, kamu jangan malas untuk melakukan bersih-bersih ya! Untuk memberi sentuhan berbeda, kamu bisa menambah beberapa aksesoris unik, seperti talenan atau kain waslap yang berwarna warni.

  • Tidak punya taman hijau

Menyewa rumah kontrakan kecil, masalah ini memang kerap kali timbul. Pemilik rumah kadang tidak memperhatikan aspek lahan terbuka hijau dalam hunian sewanya. Namun kita bisa loh membuat sendiri taman mini beserta area duduk-duduk yang nyaman didepan rumah. Kamu bisa manfaatkan area teras rumah atau balkon apartemen yang disulap sedemikian rupa seperti contoh di atas.

  • Lantai kusam

Meski sudah dibersihkan berulang kali, lantai rumah kontrakan kamu masih terlihat kusam bahkan ada beberapa sisi keramik yang menggelembung dan pecah. Daripada frustasi lebih baik kamu menutupinya dengan karpet. Ya, karpet kini tersedia dengan ragam warna dan motif yang bisa kamu padu padankan dengan tema ruangan. Ketika pindah kamu tidak perlu khawatir karena bisa membawa semua aksesoris dan perabot ini.

Itulah beberapa panduan penting yang harus kamu pahami dan pelajari agar kamu bisa sewa rumah Jakarta Selatan yang nyaman dana man. Kamu juga bisa menciptakan rumah kontrakan yang bisa membuat kamu merasa tinggal di rumah sendiri.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *